Pusat Oleh-oleh khas Lampung Terbesar & Terlengkap
WWW.KERIPIK-LAMPUNG.COM NIKMATI KEMUDAHAN BELANJA ONLINE BERSAMA KAMI
Login
News
1 Juli 2016
Info Libur Lebaran
Kami libur sejenak mulai tanggal 1Juli 2016 s.d 10 Juli 2016 Kami akan buka kembali pada tanggal 11 Juli 2016 "Pesanan Anda kami proses mulai tanggal 11 Juli 2016" Terima Kasih www.keripik-lampung.com detail

21 November 2014
Memilih Kopi Yang terbaik
Kopi adalah stimulan alami yang memberikan dorongan energi dan merupakan penekan nafsu makan alami. Jadi, ini merupakan minuman yang mengagumkan. Sementara setiap kopi yang tersedia atau dijual apa telah memenuhi beberapa criteria bagi penggemar kopi yang selalu mencari kopi terbaik di pasar. detail

29 Agustus 2013
Iris Bawang Tanpa Menangis
Bawang sering dipakai sebagai bumbu masakan. Uniknya (sekaligus mengganggu), air mata sering menetes ketika kita mengiris bawang. Berikut tips untuk mengiris bawang : 1. Simpan bawang di lemari es hingga dingin. Pasalnya, zat yang menyebabkan air mata keluar tidak berfungsi ketika bawang dalam kondisi dingin. detail

6 Mei 2013
Cara Menyeduh Kopi Tubruk
Untuk penikmati kopi sejati, kurang "pas" rasanya kalau yang dinikmati adalah kopi instan. Kopi tubruk lebih jadi pilihan, karena rasanya yang lebih pekat dan mantap. detail

» index berita
Testimonial
Lina karlina
MBA saya sudah transfer ke BCA buat jadi resseller tolong di cek ya

indahsari oktavia
terima kasih paket sudah diterima. ingin jd reseller nya ...

FITRIA DIANA SEMET
PAK SAYA SUDAH TRANFER HARI INI PAK TOLONG DI CEK. MELALUI CIMB NIAGA ATAS NAMA FITRIA DIANA SEMET

Linda
Terima kasih keripik-lampung.com. kirimannya sudah diterima. Semua sesuai dengan pesanan saya dan diterima dalam waktu yang cepat. Semiga keripik lampung sukses terus.

» lihat testimonial
» isi testimonial
Others
Others

Kerajaan Manta di Kepulauan Derawan


9 Maret 2011


Oleh Famega Syavira

Pari manta adalah spesies ikan pari berukuran paling besar di dunia. Jenis paling besar bisa tumbuh hingga mencapai 7 meter dengan berat lebih dari 2 ton. Saya mengunjungi salah satu kerajaan manta di Indonesia yang terletak di perairan sekitar Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur.

Foto: Yahoo!/Famega Syavira

Ikan dengan nama latin Manta birostris ini akan menampakkan diri saat air pasang. Air pasang membawa serta plankton yang merupakan makanan kesukaannya. Tandanya, air laut yang semula biru jernih mulai berwarna keruh akibat plankton.

Pulau Sangalaki bisa dicapai dalam satu jam perjalanan dengan kapal motor dari Pulau Derawan. Tak lama setelah tiba, kami melihat manta mulai berdatangan dan berenang tepat di bawah permukaan air. Kami mencebur ke laut, beberapa puluh meter dari manta. Speedboat tak boleh terlalu dekat karena bisa menakuti binatang jinak itu.

Saya lalu berenang sekuat tenaga untuk mencapai manta. Bukan berenang sebenarnya, karena saya sama sekali tak bisa dan tak tahu teknik berenang. Tepatnya, berusaha menggerakan badan untuk maju. Beruntung, manta berenang langsung ke arah saya.

Sosoknya yang hitam dan menyeramkan membuat saya terdiam sementara dia terus menuju pada saya. Wujudnya sangat besar dengan mulut lebar mengingatkan saya pada pari berekor tajam yang bisa membunuh manusia. Padahal, manta yang ini tak berbahaya. 

Sesaat sebelum kami bertabrakan, manta meliukkan tubuhnya ke dasar. Gerakannya anggun sekali seperti penari. Dia lalu meliuk lagi kembali ke arah kedatangannya. Manta berenang cepat dan saya hanya terpaku menatap kepergian si manta hitam anggun.


Photo credits - ThinkStock

Tak hanya satu manta yang muncul, ada beberapa yang berenang di sekitar. Binatang ini juga dikenal suka melompat ke permukaan air. Jika beruntung, manta bisa muncul bergerombol dalam jumlah banyak. Tempat ini juga merupakan titik kesukaan para penyelam karena keindahannya. Sayang, saya tak bisa menyelam.

Manta hanya satu dari ratusan ikan yang hidup di perairan ini. Setidaknya ada 872 macam ikan karang yang menghuni daerah ini dengan enam macam spesies lumba-lumba dan tiga jenis paus.

Saya mengunjungi Derawan atas undangan dari The Nature Conservancy, lembaga nirlaba yang bekerja untuk menjaga kelestarian ekosistem laut kepulauan ini. Saat ini Kawasan Konservasi Perairan Berau menghadapi banyak ancaman, seperti perusakan terumbu karang, penangkapan penyu secara ilegal dan penangkapan ikan tak ramah lingkungan dengan racun dan bom.


Foto: Yahoo!/Famega Syavira

Padahal, kepulauan Derawan adalah daerah dengan terumbu karang terkaya kedua di dunia. Luas terumbu karangnya tak kurang dari 66 ribu hektar. Keanekaragaman terumbu karang di daerah ini berjumlah lebih dari 507 spesies, hanya dapat dikalahkan oleh keragaman di Kepulauan Raja Ampat, Papua.

Kepulauan ini juga menjadi pusat bertelur penyu hijau alias Chelonia mydas. Hampir setiap malam ada penyu hijau yang bertelur di sudut gelap pantai. Ada pula penyu sisik atau Eretmochelys imbricata yang sangat langka.

Danau Purba Kakaban

Setelah puas bermain bersama manta, kami melanjutkan perjalanan ke perairan sekitar Pulau Kakaban. Pulau ini istimewa karena ditengahnya ada danau purba berisi air asin. Danau itu semula adalah laguna yang berubah wujud akibat proses pengangkatan daratan berjuta tahun lalu. Air laut beserta seluruh isinya terperangkap di tengah membentuk ekosistem unik.


Foto: Yahoo!/Famega Syavira

Kakaban dihuni empat macam ubur-ubur yang telah kehilangan daya sengat. Ubur-ubur tak menyengat ini hanya ada di dua tempat di dunia. Selain Kakaban mereka bisa ditemukan di Republik Palau, salah satu negara di Kepulauan Pasifik.

Ubur-ubur memenuhi danau seperti cendol. Aurelia aurita berbentuk seperti piring lebar bening. Cassiopeia ornata berenang terbalik dengan tentakel di atas. Martigias papua berwarna coklat dengan jumlah paling banyak. Kami berlomba mencari Tripedalia cystophora, ubur-ubur seujung kuku yang paling jarang ditemukan.

Danau itu punya sistemnya sendiri untuk menyeimbangkan populasi Di dasar danau ada anemon pemangsa ubur-ubur. Ukurannya sebesar jari, berwarna putih transparan dengan sulur. Coba saja dekatkan ubur-ubur ke sulur, dia menyantap ubur-ubur itu dengan mengisapnya.

Untuk menuju ke danau kami harus melalui dermaga kayu menuju hutan lebat. Tangga bersambung masuk dalam hutan, menaiki bukit. Danau ada di balik bukit kecil itu. Setelah berjalan beberapa ratus meter, upaya naik ke atas bukit terbayar sudah. Langit dan laut begitu biru. Udara segar bertiup dari pulau yang hijau.


Foto: Yahoo!/Famega Syavira

Kami langsung mencebur, lengkap dengan snorkel dan fin. Ubur-ubur banyak sekali dan mudah ditangkap. Rasanya seperti memegang jelly. Di tempat lain dengan ubur-ubur sebanyak ini, tak bakal ada orang yang berani berenang karena akan tersengat.

Hanya ada kami berlima dan pulau. Hanya terdengar bunyi tonggeret dan desir angin yang membuat kecipak kecil di permukaan danau. Suasana hening ini menambah kemisteriusan danau yang masih menyimpan banyak rahasia yang belum terungkap.



Baca juga
  » 1 Juli 2016
Info Libur Lebaran
Kami libur sejenak mulai tanggal 1Juli 2016 s.d 10 Juli 2016 Kami akan buka kembali pada tanggal 11 Juli 2016 "Pesanan Anda kami proses mulai tanggal 11 Juli 2016" Terima Kasih www.keripik-lampung.com

  » 21 November 2014
Memilih Kopi Yang terbaik
Kopi adalah stimulan alami yang memberikan dorongan energi dan merupakan penekan nafsu makan alami. Jadi, ini merupakan minuman yang mengagumkan. Sementara setiap kopi yang tersedia atau dijual apa telah memenuhi beberapa criteria bagi penggemar kopi yang selalu mencari kopi terbaik di pasar.

  » 29 Agustus 2013
Iris Bawang Tanpa Menangis
Bawang sering dipakai sebagai bumbu masakan. Uniknya (sekaligus mengganggu), air mata sering menetes ketika kita mengiris bawang. Berikut tips untuk mengiris bawang : 1. Simpan bawang di lemari es hingga dingin. Pasalnya, zat yang menyebabkan air mata keluar tidak berfungsi ketika bawang dalam kondisi dingin.

  » 6 Mei 2013
Cara Menyeduh Kopi Tubruk
Untuk penikmati kopi sejati, kurang "pas" rasanya kalau yang dinikmati adalah kopi instan. Kopi tubruk lebih jadi pilihan, karena rasanya yang lebih pekat dan mantap.

  » 25 Maret 2013
Olahan Ayam Goreng
Cara Membuat Ayam Goreng - Bagi yang ingin masak ayam goreng info berikut pasti akan bermanfaat buatmu. Seperti kita ketahui, makanan yang terbuat dari ayam sungguh banyak disukai oleh lidah masyarakat Indonesia.

Information
Search
Search:
Others
Pembayaran
BANK BCA
No Rek. 0230-748845
an. Muhammad Solihin

MUHAMMAD SOLIHIN
No.Rek 114-000516303-8
an. Muhammad Solihin

Shopping Cart
shopping cart
USD Calc
US$ x Rp. 13,000 =
Rp.  
Others
Others
Others
Others
Others

Copyright © 2010 | keripik-lampung.com

Toko Oleh-oleh Khas Lampung Dengan Harga Termurah & Terlengkap

JAMINAN PRODUK 100% BARU & READY STOK | MELAYANI PENGIRIMAN  KE SELURUH INDONESIA

 




Toko Online